Profil Negara Jepang

by 3/04/2013 09:41:00 AM 0 komentar


Jepang adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Benua Asia bagian timur, bertetangga dengan Rusia di sebelah barat, dengan Korea Utara dan Korea Selatan di bagian selatan dan dengan China di bagian barat daya. Jepang pernah menjadi kekuatan raksasa di bidang militer di dunia pada masa perang dunia II dan kini menjadi raksasa industri, elektronik, otomotif, dan Industri lainnya. Jepang juga memiliki tokoh-tokoh pengusaha dan pelopor industri terkemuka dunia seperti Akio Morita (pendiri Sony), Toyoda (pendiri Toyota), Yataro Iwasaki (Pendiri Mitsubishi), Konuse Matsushita (Pendiri Panazonic), Torakusu Yamaha, dan Sucaido Honda.

Pada pertengahan abad 19 Jepang masih berbentuk kerajaan feodal yang struktur sosialnya tidak pernah berubah. Sejak tahun 660 m, Jepang dipimpin oleh seorang kaisar yang turun temurun. Karena berbentuk kepulauan, negara ini terisolir dengan negara lain, bahkan kebijakan kaisar saat itu juga mengisolasi diri dari pergaulan internasional. Tahun 1636 kaisar bahkan menerapkan aturan larangan bagi rakyatnya keluar dari tanah air. Semua kapal laut dagang dari negara lain bahkan di larang berlabuh di pelabuhan Jepang.

Semua berubah ketika tanggal 8 Juli 1853 Angkatan Laut Amerika Serikat di pimpin Komodor Mattew Calbraraith Pery berlayar ke jepang dengan persenjataan lengkap membawa pesan dari Presiden AS Millard Fillmore yang mengancam Jepang agar membuka pelabuhannya. Jepang Akhirnya menandatangani perjanjian Kanagawa dan membuka secara luas negaranya bagi negara lain. Dalam bidang ekonomi, ketika Kaisar Muda Matsuhito (Meiji) tanggal 6 April 1868 melarang  semua organiasi anti asing dan memulai program modernisasi dengan mengimpor mesin dan peralatan dari Eropa yang masih mengalami revolusi industri. Dalam waktu 25 tahun Teknologi Jepang berhasil menyamai teknologi Eropa dan Amerika.

Pada abad 20 Jepang bahkan berkembang menjadi negara imperalis yang memperluas wilayah melalui peperangan. Sebelum PD II pecah, Jepang berambisi menguasai Asia Timur Raya, yaitu wilayah-wilayah meliputi Asia Tenggara, China, Asia Timur dan Smaudera Pasifik. Tahun 1904 terjadi perang besar antara Rusia-Jepang dengan kemenangan telak di pihak Jepang. Hal ini menandai pertama kali sejak Genghis khan sebuah negara Asia mampu mengalahkan kekuatan Eropa. 
Dalam Perang dunia II Jepang berskutu dengan Jerman dan Italia dan melakukan penyerangan besar-besaran ke pangkalan angkatan laut Amerika serikat di Pearl Harbour (Hawaii) yang menyebabkan 100 pesawat Amerika rusak, 8 kapal perang AS tenggelam, dan 300 warga tewas. Serangan ini menyebabkan Amerika ikut terlibat dalam PD II dan menyatakan perang terhadap Jepang. Dalam pertempuran sengit di Samudera Pasifik, Jepang lama-kelamaan makin terdesak hingga akhirnya menyerah setelah kota Hiroshima dan Nagasaki dibom atom oleh pasukan Amerika. Setelah menyerah, Jepang menarik seluruh pasukannya dari wilayah jajahan dan membangun kembali negerinya dari kehancuran perang. Spirit, kekuatan, semangat luar biasa menyebabkan dalam waktu singkat Jepang kembali berdiri tegak menjadi imperalis namun di bidnag ekonomi. Jepang segera berubah menjadi raksasa industri dunia dari bidang otomotif, alat berat, kimia, baja, elektronik dan industri manufaktur hingga sekarang.
Data-data Negara Jepang

Kepala Negara
Kepala pemerintahan
Perdana Menteri (Yukio Hatoyama, 16-9-2009-sekarang
Bentuk pemerintahan
Kekaisaran
Ibukota
Tokyo
Pemerintah lokal
43 prefektur dan 4 kotapraja
Luas wilayah
377.930 KM2
Jumlah penduduk
127.470.000 jiwa (tahun 2010)
Suku bangsa
Jepang (99%)
Agama
Shinto (mayoritas, Islam, Budha, Kristen
Bahasa
Jepang
Mata uang
Yen
Lagu kebangsaan
Kimi Gayo
Produk Domestik Bruto
US$ 4.354,37 milyar (2008)
Pendapatan perkapita
US$ 32.817 (2009,IMF)
Hasil agraris
Beras, tembakau, buah dan sayuran
Hasil industri
Elektronik, otomotif, mesin, alat berat,farmasi, bahan kimia, manufaktur
Hari Besar
3 November 1946 (Hari konstitusi)
Kantor berita
KYODO
Bandara Internasional
Haneda (tokyo) Narita (Tokyo)
Letak geografis Jepang atau letak astronomis Jepang
Letak geografis Jepang atau letak astronomis Jepang adalah di pesisir Lautan Pasifik, tepatnya di sebelah timur benua Asia. Istilah Kepulauan Jepang merujuk kepada empat pulau besar, dari utara ke selatan, Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu, serta Kepulauan Ryukyu yang berada di selatan Kyushu. Sekitar 70% hingga 80% dari wilayah Jepang terdiri dari pegunungan yang berhutan-hutan, dan cocok untuk pertanian, industri, serta permukiman. Daerah yang curam berbahaya untuk dihuni karena risiko tanah longsor akibat gempa bumi, kondisi tanah yang lunak, dan hujan lebat. Oleh karena itu, permukiman penduduk terpusat di kawasan pesisir. Jepang termasuk salah satu negara berpenduduk terpadat di dunia.
Gempa bumi berkekuatan rendah dan sesekali letusan gunung berapi sering dialami Jepang karena letaknya di atas Lingkaran Api Pasifik di pertemuan tigalempeng tektonik. Gempa bumi yang merusak sering menyebabkan tsunami. Setiap abadnya, di Jepang terjadi beberapa kali tsunami. Gempa bumi besar yang terjadi akhir-akhir ini di Jepang adalah Gempa bumi ChĹ«etsu 2004 dan Gempa bumi besar Hanshin tahun 1995. Keadaan geografi menyebabkan Jepang memiliki banyak sumber mata air panas, dan sebagian besar di antaranya telah dibangun sebagai daerah tujuan wisata.

Jepang berada di kawasan beriklim sedang dengan pembagian empat musim yang jelas. Walaupun demikian, terdapat perbedaan iklim yang mencolok antara wilayah bagian utara dan wilayah bagian selatan. Pada musim dingin, Jepang bagian utara seperti Hokkaido mengalami musim salju, namun sebaliknya wilayah Jepang bagian selatan beriklim subtropis. Iklim juga dipengaruhi tiupan angin musim yang bertiup dari benua Asia ke Lautan Pasifik pada musim dingin, dan sebaliknya pada musim panas.
Iklim Jepang terbagi atas enam zona iklim:
  1. Hokkaido: Kawasan paling utara beriklim sedang dengan musim dingin yang panjang dan membekukan, serta musim panas yang sejuk. Presipitasi tidak besar, namun salju banyak turun ketika musim dingin.
  2. Laut Jepang: Di pantai barat Pulau Honshu, tiupan angin dari barat laut membawa salju yang sangat lebat. Pada musim panas, kawasan ini lebih sejuk dibandingkan kawasan Pasifik. Walaupun demikian, suhu di kawasan ini kadangkala dapat menjadi sangat tinggi akibat fenomena angin fohn.
  3. Dataran Tinggi Tengah: Wilayah ini beriklim pedalaman dengan perbedaan suhu rata-rata musim panas-musim dingin yang sangat mencolok. Perbedaan suhu antara malam hari dan siang hari juga sangat mencolok.
  4. Laut Pedalaman Seto: Barisan pegunungan di wilayah Chugoku dan Shikoku menghalangi jalur tiupan angin musim, sehingga kawasan ini sepanjang tahun beriklim sedang.
  5. Samudra Pasifik: Kawasan pesisir bagian timur Jepang mengalami musim dingin yang sangat dingin, namun tidak banyak turun salju. Sebaliknya, musim panas menjadi begitu lembap akibat tiupan angin musim dari tenggara.
  6. Kepulauan Ryukyu: Kepulauan di barat daya Jepang termasuk Kepulauan Ryukyu beriklim subtropis, hangat sewaktu musim dingin dan suhu yang tinggi sepanjang musim panas. Presipitasi sangat tinggi, terutama selama musim hujan. Taifun sangat sering terjadi.
Suhu tertinggi yang pernah tercatat di Jepang adalah 40,9 °C (105,6 °F) pada 16 Agustus 2007.
Musim hujan dimulai lebih awal di Okinawa, yakni sejak awal Mei. Garis depan musim hujan bergerak ke utara, namun berakhir di Jepang utara sebelum mencapai Hokkaido. Di sebagian besar wilayah Honshu, awal musim hujan dimulai pertengahan Juni dan berlangsung selama enam minggu. Taifun sering terjadi sepanjang September dan Oktober. Penyebabnya adalah tekanan tropis di garis khatulistiwa yang bergerak dari barat daya ke timur laut, dan sering membawa hujan yang sangat lebat.

Mata Uang Jepang

Sebagaimana negara-negara lainnya di dunia, Jepang sebagai negara besar dan penting tentunya juga memiliki mata uang sendiri. Urgensi mata uang sendiri sangat vital dalam konteks simbol sekaligus kebanggan suatu negara. Mata uang digunakan dalam perdagangan atau sistem tukar domestik (dalam lingkup internal negara). Mata uang suatu negara juga sangat memudahkan untuk melakukan proses transaksi dan menilai komoditas barang dan jasa menjadi lebih sederhana. Soal mata uang ini Jepang mengandalkan Yen Jepang sebagai mata uang resminya untuk digunakan diberbagai kawasan Jepang.
Yen Jepang merupakan salah satu mata uang yang penting di dunia selain Dollar Amerika Serikat dan juga Euro. Yen Jepang ialah mata uang kertas yang banyak dicari dan diburu oleh berbagai kalangan (khususnya pebisnis). Mata uang Yen ini juga banyak dicari oleh sebagian besar negara di dunia. Yen Jepang diucapkan “en” oleh orang-orang Jepang. Kalau dalam bahasa Inggris, pengucapannya tetap sama dengan penulisannya yakni “Yen”. Umur Yen Jepang sudah lebih dari seratus tahun dan pertama kali diluncurkan pada masa pemerintahan Meiji tahun 1870-an. Masyarakat Jepang banyak yang bangga dengan mata uangnya ini.
Yen Jepang juga merupakan simbol dari keadaan ekonomi Jepang yang dinamis dan memiliki pertumbuhan spektakuler. Pasca bangkit dari keterpurukan ekonomi pasca Perang Dunia Ke-2, Yen Jepang kini menjadi salah satu mata uang terkuat di dunia. 500 Yen Jepang diperkenalkan pada tahun 1982 yang merupakan koin dengan nilai tertinggi dan kemudian digunakan secara teratur. Mata uang Yen Jepang ini memiliki nilai nominal yang tinggi sehingga karenanya sangat rentan menjadi objek pemalsuan pihak-pihak tak bertanggungjawab.
Pemalsuan itu sebagaimana pernah terjadi pada tahun 2000-an, dimana koin 500 Yen banyak yang hilang dari peredaran. Untuk mencegah praktik-praktik pemalsuan, pihak otoritas kemudian mengembangkan fitur-fitur keamanan baru. Yen Jepang berbeda dengan sebagian besar mata uang di dunia, dimana tahun pencetakannya menggunakan tahun kekaisaran dibandingkan tahun masehi. Yen yang dicetak pada 2006 misalnya, memiliki tahun penetakan Keisei 18 atau tahun ke-18 pemerintahan Kaisar Heisei, dan bukannya tahun 2006.




Lagu kebangsaan Jepang
Chord Kimi Gayo
Cukup pendek lagu ini,, dan merupakan salah satu National Anthem terpendek di Dunia. Sebenarnya teks dalam lagu ini merupakan sebuah puisi kuno dan iramanya diciptakan oleh Yoshiisa Oku dan Akimori Hayashi. Lirik lagu ini pertama kali muncul dalam sebuah antologi puisi bernama Kokin Wakashu, sebagai sebuah puisi yang anonim. Meskipun sebuah puisi anonim bukanlah tidak lazim pada waktu itu, identitas pengarang yang sebenarnya mungkin saja sudah diketahui, tetapi namanya mungkin sengaja tidak disebutkan karena berasal dari kelas sosial yang lebih rendah. Puisi ini dicantumkan dalam berbagai antologi, dan dalam periode selanjutnya digunakan sebagai lagu perayaan oleh orang-orang dari semua lapisan sosial. Tidak seperti bentuknya yang digunakan untuk lagu kebangsaan saat ini, puisi ini awalnya dimulai dengan “Wa ga Kimi wa” (Engkau, Yang Mulia) dan bukannya “Kimi ga Yo wa” (Kekuasaan Yang Mulia). Perubahan lirik terjadi pada zaman Kamakura(yang belum tahu lihat tentang pembagian jaman jepang). Pemerintah Jepang pun mengutus seorang Jerman bernama Franz Von Eckert untuk mengharmonisasikan nadanya.


KONDISI EKONOMI-POLITIK JEPANG MULAI DARI MASA KUNO-PASCA PERANG DUNIA(1970)

Jepang sebagai salah satu penggerak perekonomian dunia mempunyai latar belakang yang menarik untuk di pelajari hal ini dikarenakan jepang dapat menjadi salah satu model bagi perkembangan perekonomian di asia, masyarakat jepang mempunyai karakteristik yang unik yaitu sejalan dengan perkembangan zaman nilai nilai kebudayaan jepang masih mampu mengimbangi gerak globalisasi yang sudah bergerak maju keseluruh pelosok dunia, seperti kata Thomas Friedman’s globalization isn’t a choice, it’s a reality.
Kemajuan perekonomian jepang tak lepas dari kondisi :
1.    sistem budaya jepang yang hampir sama dengan etika protestan yang di miliki oleh bangsa barat.dan sanksi social yang ada dalam masyarakat jepang.
2.   kemampuan sumberdaya manusia yang unggul.
3.   political will yang tinggi dari para penguasanya.
Pada masa awal telah disinggung dalam makalah kami titik awal perkembangan jepang terletak pada saat terjadinya suatu restorasi meiji dimana disana terkandung nilai nilai strategis dalam perkembangan perekonomian jepang, dan saat kedua ialah pasca perang dunia kedua dimana perusahaan perusahaan besar jepang di perbolehkan untuk mengembangkan perekonomian jepang dalam rangka membantu amerika dalam menyuplai bantuan materil di perang korea. Jepang menggunakan model pembangunan developmental state.
Dimana peran Negara dalam pembuatan perencanaan ekonomi yang terkoordinir dan terencana, yang didasarkan pada dukungan yang luas baik dalam maupun luar negeri,serta perubahan secara structural dan institusional yang cepat dan meliputi seluruh masyarakat, model ini berkaitan antara keserasian peran pemerintah sebagai pembuat kebijakan untuk mendorong perekonomian di dalam negri. Menurut Drs irawan perkembangan perekonomian jepang merupakan pembangunan yang di dorong oleh pemerintah dimana pemerintah jepang memodernisir perekonomiannya, berhasilnya perkembangan ini juga karena factor psikologi dimana penduduk tetap disiplin dan taat pada pemerintah. Ekspor mula mula berupa produksi primer (sutera) kemudian ekspor industri barang barang konsumsi.
Selain itu pula terjadinya hubungan hubungan yang positif antara pemerintah dengan pegusaha hal ini dapat di lihat dari adanya lembaga yang bernama keidanren8 (federasi para pengusaha jepang) dan nikkeiren (federasi organisasi organisasi ekonomi), keidanren terdiri dari lebih 700 perusahaan, yang di organisasi untuk mewakili bisnis besar, dari pengertian lain keidanren juga bertindak sebagai kementrian luar negeri dari bisnis jepang dengan cara mensponsori pertemuan pertemuan dengan orang orang bisnis asing dan mengeluarkan ke luar negeri misi misi khusus yang terdiri dari para pemimpin bisnis untuk mencari pemecahan bagi masalah masalah perdagangan dengan Negara kunci. keidanren menggunakan cara khas jepang untuk menghimpun sokongan politik bagi dunia bisnis, hal ini dimulai pada tahun1955 ketika partai demokrasi liberal di bentuk, dimana keidanren mengubah bentuk systemnya untuk menugasi tiap sector sector industri untuk memberikan sumbangan politiknya, keidanren membagikan dana yang di kumpulkan dari masyarakat bisnis, dengan cara menyokong partai yang berkuasa melalui kelompok warga perantara (asosiasi nasional) dan juga memberikan dana ini kepada partai partai oposisi, dimana yang di harapkan oleh para pengusaha yaitu.
1.    Negara ini mempertahankan ekonomi bisnis swasta dari pada ekonomi sosialis atau pun diktatoriat
2.   meminta partai penguasa(LDP) untuk memilih pemimpin pemimpin yang dapat memelihara stabilitas, dan juga pertumbuhan ekonomi yang stabil
keidanren dalam hal produksi barang lebih mengutamakan industri industri dasar yang di perlukan demi pembangunan nasional.
3.   Model pembangunan flying geese( angsa terbang)
model pembangunan ini menitik berat kan kepada pembangunan industri industri strategis yang memacu perkembangan industri industri lain, hal ini dapat di lihat dari pembangunan industri industri konstruksi, baja, apabila di analogikan pada perkembangan negara hal ini dapat dilihat dari kemajuan pembangunan di jepang yang berimbas pada kemajuan pembangunan perekonomian negara lain dalam kawasan asia timur.
Sepanjang tahun1980 keadaan di jepang di tandai oleh tingginya optimisme dengan pertumbuhan ekonomi yang begitu pesat hal ini menyebabkan iklim berinvestasi di jepang sangat cerah, dan beberapa perubahan yang terdapat dalam pemerintahan jepang bermula dari terpilihnya seorang tokoh yang terpilih di luar dugaan banyak pihak dan akan merubah konsep pemerintahan di jepang yang tradisional,dialah Koizumi Junichiro, yang terkenal dengan reformasinya.
Konsep Reformasi koizumi
·           mengupayakan terbentuknya suatu perubahan dalam struktur (structural reform),dimana bukan hanya bidang ekonomi yang akan di rubah akan tetapi juga bidang politik, social, dan system administratif, dalam pandangannya ini koizumi menitik beratkan pada peningkatan efisiensi perusahaan perusahaan pemerintah dan cenderung melakukan privatisasi pada sector tersebuttyang dianggapnya menjadi penghalang dalam pembangunan perekonomian jepang.
·           revisi undang undang dasar jepang, undang undang yang dipakai jepang merupakan undang undang yang dibuat atas dasar persetujuan amerika, dimana sebagai pihak yang kalah perang jepang tidak mempunyai opsi lain selain menggunakan undang undang ini diantara undang undang yang akan diubah yaitu undang undang mengenai hal hal yang sangat vital dalam pemerintahan jepang , dan konstitusi ini dianggap tidak sesuai lagi dalam pemenuhan kebutuhan jepang dalam dunia global.
KESIMPULAN:
Jepang sebagai salah satu raksasa ekonomi dunia mempunyai basis basis poin yang penting dalam menjadikan jepang seperti ini, sejarah, kebudayaan, spirit hidup dapat menjadikan jepang superior, diakui oleh Negara Negara di dunia.dan dari halinilah mungkin kita sebagai bangsa yang pernah sama seperti jepang mampu atau dapat mengambil nilai nilai tersebut, dan menyesuaikan dengan spirit hidup bangsa ini seperti yang dikatakan Alex Inkeles dan David H. Smith8 :
Kami beranggapan bahwa, bagaimanapun juga manusia bisa di ubah secara mendasar setelah dia menjadi dewasa, dan karena itu tak ada manusia yang tetap menjadi manusia tradisional dalam pandangan dan kepribadiannya hanya karena dia dibesarkan dalam masyarakat tradisional.
Semangat jepang telah mengantarkan rakyat jepang kepada kemandirian ekonomi yang lebih mapan yang juga memberi motivasi kepada bangsa asia khususnya bangsa ini bangsa Indonesia 

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar: